Labels

Minggu, 16 September 2012

Cara Menjaga Akal Sehat dengan Istirahat

Istirahat memang perlu bagi tubuh kita soalnya jika anda tidak cukup dalam istirahatnya maka anda sulit dalam focus lantaran kosentrasi anda menurun. Otak perlu tidur supaya segar dan beregenerasi. Tanpa itu, memori jangka pendek mungkin terganggu. Makanya Kata Bang Roma Irama yaitu “Bergadang jangan bergadang kalau tiada artinyaaaaa, bergadang boleh sajaaaaaa asal ada perlunya”. Jadi istirahat di waktu malam itu perlu dan jika bisa tidur malam maka sebaiknya tidurlah yang cukup kira-kira 7-8 jam dan jika anda sulit memperoleh tidur malam yang ideal atau sangat susah menikmati tidur dengan nyenyak, di bawah ini ada beberapa tips yang mingkin bisa membantu anda mengatasi hal tersebut. Dan ini tipsnya:

1. Setiap hari usahakan jadwalkan tidur malam dan bangun di waktu yang teratur.

2. Jangan tidur di siang hari, karena bisa membuat kita sulit tidur saat malam hari.

3. Menjelang malam, hindari kopi, rokok, dan minuman beralkohol. Sebab, kafein dan nikotin yang terkandung dalam rokok dan kopi, menyebabkan sulit tidur.

4. Lakukan olah raga teratur. Namun sebaiknya jangan melakukan olahraga 3 jam menjelang waktu tidur kita.

5. Jangan makan makanan berat menjelang tidur.

6. Pastikan cahaya kamar sesuai dengan kebutuhan, tenang dan tidak terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, coba gunakan ‘sleeping mask’. Kalau terlalu berisik gunakan ‘ear plug’. Intinya buat kamar tidur kita senyaman mungkin.

7. Jika masih tetap tidak bisa tidur dan tidak merasa ‘ngantuk’, bangunlah dan coba cari kegiatan yang bisa membuat kita bisa merasa ‘ngantuk’ seperti membaca buku dan sebagainya. Namun, jangan memaksakan mata kita untuk tidur, karena semakin dipaksa maka rasa ‘ngantuk’ akan semakin jauh.

8. Jika kita merasa sulit tidur karena banyak memikirkan hal-hal yang akan di lakukan esok hari, maka buatlah ‘to do list’ sebelum kita memutuskan kembali ke tempat tidur. Hal ini akan membantu kita melepaskan diri dari hal-hal yang mencemaskan.

9. Untuk kita yang baru saja melahirkan, coba ikuti ritme tidur si kecil. Jadi ketika si kecil sedang terlelap sebaiknya kita ikut tidur juga.

10. Untuk yang kerja shift maka lakukan istirahat setelah pulang kerja. Misalnya anda kerja di waktu malam sampai pagi. Maka pada saat anda pulang kerja di pagi harinya anda langsung istirahat sebagai pengganti malam, jika sulit tidur di pagi hari maka baca lagi nomer 1 sampai 8.

Demikianlah informasi yang aku sampaikan . Insya Allah besok aku akan membahas mengenai “Jadwal Kerja Organ Tubuh”.



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan melakukan komentar yang baik. Jika melakukan Spam maka komentar tersebut akan di hapus.